Pusdiktan Mencari Solusi Peningkatan Karir Jabatan Dosen melalui Sosialisasi Kebijakan PAK Bersama Kemendikbud/BRIN

By Admin


nusakini.com - Mataram, 26/2/2020, Kementerian Pertanian terus berupaya dan konsisten dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Pertanian. Satu diantaranya adalah melalui pendidikan pertanian dalam bidang Penilaian Angka Kredit bagi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Pertanian. Kegiatan ini diadakan oleh Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) dengan mengundang seluruh Tim Penilai Angka Kredit dosen lingkup Politeknik PembAngunan Pertanian dan PEPI lingkup Kementerian Pertanian yang di selenggarakan dari tanggal 25 sampai dengan 26 Februari 2020 di Ruang Gili Terawangan Hotel Lombok Raya Provinsi Nusa Tenggara Barat. Mengingat kondisi di politeknik masih banyak kendala dalam hal peningkatan jenjang karir dosen dari lektor menuju lektor kepala dan menuju guru besar/professor. Kendala kenaikan pangkat yang dihadapi dosen Politeknik lingkup Kementerian Pertanian saat ini antara lain; 1) Jumlah angka kredit yang belum mencapai jumlah yang dibutuhkan, 2) Syarat khusus belum dilengkapi, yaitu jurnal nasional terakreditasi atau jurnal Internasional bereputasi, 3) Belum tersedianya dan tercukupinya jabatan fungsional dosenpada peta jabatan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Pusdiktan telah berusaha melakukan terobosan dan pembaharuan terkait peningkatan pelayanan Dosen , diantaranya; penataan system penilaian angka kredit bagi jabatan fungsional dosen secara online melalui aplikasi “SIMPATIK”, melakukan inisiasi kerjasama dan sosialisasi bersama Kemendikbud terkait kenijakan/ peraturan mengenai jabatan fungsional dosen, penguatan manajerial dan kompetensi teknis dosen, sosialisasi publikasi pada jurnal ilmiah, fasilitasi skema dana penelitian, seminar dan melanjutkan studi ke luar negeri, serta magang dan bimtek terkait peningkatan kompetensi bidang ilmu masing - masing.

Upaya yang harus dilakukan dosen untuk akselerasi kenaikan jabatan fungsional dosen bias dilakukan dengan cara aktif dalam mencari informasi mengenai persyaratan dan prosedur pengangkatan jabatan dosen. Langkah selanjutnya adalah dosen perlu meningkatan kemampuan penulisan karya ilmiah pada jurnal nasional dan internasional melalui ikut dalam kegiatan pelatihan penulisan. Dosen juga perlu aktif mencari informasi pendanaan penelitian dengan cara aktif berkolaborasi dengan dosen/ peneliti/ perekayasa lain diluar institusi. 

Hadir dalam kegiatan ini narasumber dari Direktorat Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Bapak Pujianto. Pelaksanaan sosialisasi PAK bagi dosen ini adalah untuk mendapatkan informasi dan persamaan persepsi mengenai peraturan –peraturan yang ter up to date/ terbaru, permasalahan yang terjadi dalam penilaian angka kredit, temuan –temuan yang biasa terjadi dalam penghitungan angka kredit, macam-macam jurnal yang terindeks scopus, terakdreditasi, dan bereputasi, serta mana yang abal abal atau predator. Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi PAK dan kebijakan terkait dosen bersama Kemendikbud/ BRIN bagi dosen ada sekitar 40 peserta yang terdiri atas Dosen, Tim Penilai PAK, Ketua program studi, Kepala UPPM dari Politeknik lingkup Kementerian Pertanian.

Diharapkan melalui kegiatan ini semua dosen Politeknik lingkup Kementerian Pertanian mulai paham dan semangat dalam mengajukan Angka kredit serta meningkatkan jenjang karir dosen hingga menuju Profesor (guru besar). (WHT)